Panel Sel Surya Generasi Terbaru



Panel sel surya yang ada saat ini ada baru dapat mengubah 20 persen dari energi yang diambil menjadi listrik. Sedangkan panel sel surya yang terbaik hanya dapat mengambil 40 persen energi. Para peneliti di Idaho National Lab yang bekerja sama dengan Microcontinuum Inc serta University of Missouri kini melakukan terobosan dengan membuat panel sel surya yang mampu mengambil 80 persen tenaga listrik dari cahaya.
Proses pembuatannya dengan menempelkan spiral kecil yang mengandung logam kedalam lembaran plastik. Setiap spiral nano-antenna ini berukuran 1/25 dari tebal rambut manusia.
Karena ukurannya ini, spiral ini dapat menyerap energi dalam infrared spektrum cahaya. Sinar matahari memancarkan banyak energi infrared, yang umumnya akan dilepas dalam bentuk panas dari radiasi oleh bumi.
Nano-antenna ini dapat mengambil energi baik dari sinar maupun panas yang dihasilkan bumi dan merubahnya menjadi tenaga listrik, dengan tingkat efisiensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan panel surya biasa.
Para ahli memperkirakan bahwa nano-antenna ini dapat menyerap hampir 80 persen energi matahari. Satu buah nano-antenna ini memang tidak berpengaruh, tetapi para ahli mampu merangkai sebanyak 10 juta nano-antenna dalam lingkaran berdiameter 6 inci, sehingga hasilnya akan membuat sebuah panel surya yang sangat efektif.

Tidak ada komentar:

" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut. "
_______________________________________________

Artikel Terpopuler...


Berita Media Terhangat

Tinggalkan Pesan Di Sini.., masuk dengan akun fb anda.